Korban PHK Nestle Mengadu ke DPRD Jawa Timur

Para korban pemutusan hubungan kerja (PHK) PT Nestle mengadukan nasibnya kepada pimpinan dan anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Kamis (14/7/2011).

Tim 10 Perjuangan PHK Sepihak Nestle itu datang ke gedung DPRD Jatim di Surabaya mewakili 245 karyawan Nestle di Waru, Sidoarjo, yang terkena PHK pada 2001-2002.

“Saat itu kami sama sekali tidak diberi kesempatan untuk memilih. Dua opsi yang ditawarkan manajemen Nestle muaranya adalah PHK,” kata Sekretaris Tim 10 Perjuangan PHK Sepihak Nestle, Agung Basuki.

Ia mengemukakan bahwa pada 13 April 2000, manajemen Nestle mengumumkan rencana PHK sebagai konsekuensi atas relokasi pabrik dari Waru ke Kejayan, Kabupaten Pasuruan.

“Kami tidak punya pilihan lain. Apalagi waktu yang diberikan kepada kami untuk menentukan pilihan hanya dua hari,” kata Agung yang masa kerjanya di Nestle Waru itu selama 23 tahun.

PHK terhadap 245 karyawan itu terlaksana pada 2001-2002 dan pihak manajemen Nestle memutuskan memberikan pesangon 10 kali gaji bulanan ditambah empat kali uang jasa sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 3 Tahun 1986.

Para karyawan memprotes kebijakan manajemen Nestle itu karena pada bulan Juni 2000 keluarlah Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 150 Tahun 2000. Intinya, perusahaan wajib memberikan pesangon senilai 14 kali gaji bulanan dan enam kali uang jasa.

“Mestinya manajemen Nestle dalam memberikan pesangon mengacu pada Kepmenaker 150/2000, bukan Kepmenaker 3/1986,” kata Agung didampingi korban PHK Nestle lainnya.

Atas dasar itu, sejak 2001, para korban PHK Nestle telah beberapa kali mengajukan protes kepada pihak manajemen.  Sementara itu, anggota Komisi E DPRD Jatim, Hery Prasetyo, berjanji akan menindaklanjuti pengaduan para korban PHK Nestle.

“Kami nanti akan memanggil manajemen Nestle untuk membicarakan persoalan ini,” kata politikus Partai Demokrat itu.

 

Tinggalkan komentar


CATATAN - Anda bisa menggunakan HTML Label dan atribut:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>